BAHAYA MENIUP MAKANAN dan MINUMAN PANAS



meniup makanan pict, meniup minuman pict,bahaya meniup makanan pict, hadist larangan meniup makanan panas pict

BAHAYA MENIUP MAKANAN dan MINUMAN PANAS - Apakah anda sering memakan makanan atau minuman yang masih panas?. kemudian untuk mendinginkannya anda meniup makanan atau minuman tersebut agar dingin baru memakannya? Bila iya, ada baiknya anda menghilangkan kebiasaan tersebut. Karena sesungguhnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasalam dalam hadist melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya.” (HR At turmudzi).

Selain itu dari sisi kesehatan melakukan kebiasaan meniup makanan atau minuman yang masih panaspun ternyata juga berbahaya. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa saat bernapas kita akan menghirup oksigen (O2) dan akan mengeluarkan karbondioksida (CO2). Sedangkan makanan atau minuman yang masih panas akan mengeluarkan uap air (H2O). Bila karbondioksida (CO2) bertemu dengan uap air (H2O) akan menghasilkan senyawa asam karbonat (H2CO3) yang berguna mengatur PH darah (tingkat keasaman darah). Bila kita terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung H2CO3 maka tingkat keasaman darah kita akan lebih asam dari seharusnya sehingga PH darah kita akan menurun. Ginjalpun bila terlalu bayak mengkonsumsi H2CO3 juga tidak akan sanggup bekerja. Kalau hal ini terus menerus terjadi akan dapat membuat kita kelelahan yang luar biasa, mengantuk, tekanan darah menurun dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Nah, bila kita sudah tau bahaya dari meniup makanan atau minuman yang masih panas tersebut apakah anda akan masih terus melakukan kebiasaan tersebut??

Semuanya berpulang pada diri anda masing- masing. Ada baiknya kita menunggu makanan atau minuman panas tersebut hingga dingin baru kita menyantapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAHAYA MENIUP MAKANAN dan MINUMAN PANAS"

Post a Comment